Pulau Bali Dan KTT G20 2022

 

Bali

 

Bali dikenal dengan Julukan Pulau Dewata. Terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok

 

Bali sebelumnya merupakan salah satu bagian dari Provinsi Sunda Kecil bersama dengan Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor. Tahun 1958 Bali resmi menjadi provinsi sendiri dengan ibukota Singaraja. selanjutnya pada tahun 1960 berpindah ke Denpasar. Provinsi Bali terdiri dari Pulau Bali dan pulau-pulau kecil di sekitarnya yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Pulau Serangan. Secara keseluruhan Bali mempunyai sekitar 85 pulau, dan juga yang tidak berpenghuni. Bali merupakan pulau yang benar-benar indah dengan panjang garis pantai sekitar 633,35 km. 

 

Di Pulau Bali ada gunung berapi, sungai-sungai, dan danau. kehadiran gunung berapi memberikan kesuburan tanah untuk usaha pertanian. Gunung berapi di Pulau Bali adalah Gunung Batur dan Gunung Agung. Titik tertinggi di Bali adalah Gunung Agung setinggi 3.148 m dan terakhir meletus di tahun 1963. sementara Gunung Batur letusannya pernah menimbulkan bencana besar di bumi sekitar 30.000 tahun yang lalu. Mayoritas penduduk Bali beragama Hindu, hampir setiap sudut wilayah terdapat pura peribadatan, baik pura besar yang dipakai sebagai tempat upacara bersama maupun pura kecil di setiap rumah. Selain dikenal sebagai Pulau Dewata, Bali juga disebut dengan Pulau Seribu Pura, ritual keagamaan yang kental memengaruhi hampir setiap unsur dan gerak kehidupan masyarakat Bali. Hal ini menjadikan Bali tidak hanya mempunyai pemandangan yang indah tetapi juga kebudayaan yang unik, eksotis, dan terjaga. 

 

Ubud

 

Masyarakat Bali menganut ajaran hidup Tri Hita Karana yang memuat tiga unsur pembangun keseimbangan dan keharmonisan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya. Tri Hita Karana menjadi sumber kesejahteraan, kedamaian, dan kebahagiaan bagi kehidupan manusia. Perekonomian Bali rata-rata ditopang oleh sektor pariwisata, denpasar adalah pusat pemerintahan dan perekonomian sampai saat ini. berbagai kegiatan ekonomi dan kawasan baru telah dan sedang dikembangkan untuk mendukung sektor pariwisata, seperti ekonomi kreatif, pariwisata maritim, dan ekowisata di Ubud, Nusa Dua, Seminyak, Jimbaran, dan beberapa tempat lainnya. 

 

Pulau Dewata Bali sebagai tujuan dan destinasi wisata dunia karena mempunyai keunikan budaya dan tradisi, beragam hasil karya seni dan tentunya berbagai objek wisata yang mengelilinginya sehingga saat anda liburan ke pulau Dewata Bali, anda bisa menemukan banyak jenis keindahan alam, seperti destinasi wisata pantai, sawah berundak, air terjun, danau pegunungan, sehingga anda bisa memilih tujuan tour dengan mudah. Adat bali yang berkembang merupakan pengaruh dari kebudayaan India beberapa tradisi keagamaan dan budaya berkembang pada jaman Sri Kesari Warmadewa pada 913 M, termasuk juga kerajaan Majapahit yang tumbuh dan berpusat di pulau Jawa. Bermacam - macam objek wisata air terjun juga menjadi destinasi tour menarik beberapa wisata alam air terjun yang cukup populer ialah air terjun Gitgit, Sekumpul, Tegenungan, Munduk dan Yeh Mampeh. 

 

Konferensi Tingkat Tinggi G20 Bali merupakan pertemuan ketujuh belas Kelompok 20 Negara

 

KTT tersebut dijadwalkan akan berlangsung di Bali, Indonesia di tahun 2022 sedangkan  Presidensi Indonesia berlangsung sejak 1 Desember 2021 hingga KTT pada kuartal keempat tahun 2022. Ajang internasional negara-negara G20 tersebut secara ekonomi akan menjadi booster. “Seiring dengan perbaikan pengendalian COVID-19, ajang ini membuat kunjungan wisata berjalan kembali, terbukti kini hotel-hotel mengalami peningkatan kunjungan Bahkan bisa dikatakan normal. Dengan adanya KTT memberikan gambaran terhadap bahwa Bali sangat layak menggelar event internasional dan aman untuk dikunjungi kemudian pembangunan dan perbaikan infrastruktur menjadi faktor penting untuk menunjang bidang pariwisata bergeliat. Namun begitu, hal utama yang memberikan optimisme para pelaku industri pariwisata   kini kunjungan wisata mencapai angka 10 ribu hingga 15 ribu perhari. Jika dibandingkan kondisi sebelum pandemi yang mencapai 30 ribu, itu artinya saat ini geliat pariwisata di Pulau Dewata sudah menyentuh separuh angka saat kondisi normal. Puncak acara KTT G20 di bali adalah tanggal 14-18 november 2022.


SeeCloseComment

Ads