Bepergian Ke Jepang Di Musim Dingin

winter

 

Jepang merupakan salah satu negara kesatuan yang bersistem parlementer dengan berbentuk monarki konstitusional dan juga negara kepulauan di Asia Timur

 

Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, serta bersebelahan dengan Tiongkok, Korea Selatan, dan Rusia. Jepang ialah negara kepulauan terbesar ketiga di dunia setelah Indonesia , dan Filipina. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu pulau terbesar , Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% area daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Jepang yang dikenal dengan Julukan Negeri Sakura sebab negara ini identik dengan bunga sakura yang bermekaran ketika musim semi, yaitu dari bulan Maret hingga pada akhir Juni meskipun begitu, orang-orang China kala itu menyebut Jepang sebagai tempat matahari terbit. 


Alasannya, letak Jepang berada di timur China, sehingga matahari terbit lebih dulu terlihat dari sana. jepang mempunyai iklim sub-tropis, artinya ada empat musim berbeda di negeri matahari terbit tersebut. Keempat musim tersebut yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Di Jepang musim dingin biasanya berlangsung dari bulan Desember sampai Februari. Suhu di kota Tokyo bisa mencapai 12 derajat Celcius, sedangkan pada malam harinya suhu dapat turun sampai 5 derajat Celcius. Kalau sudah memasuki bulan Januari di tahun berikutnya, suhu di siang hari mencapai 10 derajat Celcius dan pada malam hari bisa mencapai 2-3 derajat Celcius sedangkan di bulan Februari, suhu di siang hari antara 10-11 derajat Celcius dan suhu malam harinya turun hingga 5 derajat Celcius, ketika musim dingin mendekat suhu dingin melanda seluruh Jepang. meskipun salju jarang turun di sebagian besar daerah metropolitannya. 

 

japan

 

Sebagai negeri yang dipenuhi pegunungan, Jepang banyak sekali puncak gunung yang ideal untuk olahraga salju musim dingin. Ke mana pun Anda bepergian di Jepang, musim dingin menghadirkan banyak butir salju ke pegunungan dan dengannya hadir banyak penggemar ski dan snowboarding. Untuk kesegaran butir salju terbaik dan terluas, kunjungilah pulau utara Hokkaido yang menawarkan banyak ruang terbuka dan area pegunungan yang berkontur. 



Niseko dan Rusutsu merupakan destinasi yang paling umum bagi turis untuk bermain ski di saat musim dingin, pengunjung di daerah Kansai,Osaka, Kyoto, Nara, Kobe bisa melakukan perjalanan sehari ke Lembah Biwako yang mengelilingi Danau Biwa. Hal yang paling sering terbayang saat membahas salju ialah permukaan tanah yang tertutupi oleh putihnya salju. Di mana warna putih yang dihasilkan oleh salju tersebut memberikan kesan yang menyegarkan. Anda mungkin akan mengira seluruh wilayah di Jepang akan memutih karena tertutupi oleh hamparan salju. apabila begitu berarti Anda salah. Nyatanya, Anda belum tentu akan menemukan salju di semua wilayah Jepang. terdapat beberapa kota seperti Fukuoka, Osaka, dan Tokyo yang justru sangat jarang dihujani salju. apalagi di Tokyo, ketika cuaca cerah di musim dingin tersebut akan menjadi kering. Di mana kelembapan udaranya cuma ada di kisaran 30% saja. 

 

 

Tetapi tidak perlu khawatir anda dapat pergi ke daerah lainnya yang memiliki intensitas salju lebih tinggi. Biasanya terdapat di bagian utara Jepang, seperti Hokkaido  akhir bulan Oktober atau awal bulan November. Salju akan mulai turun pada pertengahan atau akhir bulan November. Di Iwate, salju bakal turun mulai awal atau pertengahan bulan November sedangkan di wilayah lain seperti Prefektur Niigata, Prefektur Toyama, Prefektur Ishikawa, Prefektur Fukui dan Prefektur Nagano, salju akan turun di akhir bulan November atau awal bulan Desember. Bawalah banyak pakaian hangat, lalu lilit ke tubuh dan pergilah ke luar untuk menikmati festival salju, ski, snowboarding, dan bersantai di resor pemandian air panas.kebanyakan wisatawan yang berbasis di Tokyo mengunjungi Nagano tak jauh dari sana untuk menikmati ski yang luar biasa dengan akses mudah. Hakuba adalah salah satu tempat paling populer di antara beberapa resor lainnya di daerah ini.

 

Japan

 

Menariknya, anda juga tetap bisa melihat salju di wilayah yang jarang dihujani salju, selama tempat itu berada di daerah pegunungan. Sebagai contoh adalah di Kyoto

walaupun jarang dituruni salju, Anda masih bisa melihat pemandangan tumpukan salju pada beberapa kuilnya, seperti Kuil Kinkakuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Kibune, dan lainnya bukan cuma dari hal berpakaian, anda pun bisa menghangatkan diri dengan hidangan khas musim dingin di Jepang. Meskipun Natal bukanlah hari libur resmi di Jepang demikian juga pada tanggal 24-25 Desember namun dirayakan dengan keunikan tersendiri. sangat banyak, anda bisa melihat hiasan pohon Natal di department stores dan beberapa tempat publik lainnya mulai bulan November, dan kota kota ini menyala lampu natal, cahayanya indah di sore hari. penduduk merayakan malam Natal dengan keluarga mereka atau dengan orang terdekatnya, biasanya mereka menikmati bersama kue Natal.

 

Japan

 

Jepang merayakan Tahun Baru pada 1 Januari sesudah kalendar matahari, yang disebut shogatsu dalam bahasa Jepang. bagi banyak mereka, seluruh minggu pada Tahun Baru adalah liburan. Pada 31 Desember, terdapat kebiasaan untuk menikmati mie gandum, yang dipercaya bisa memberikan umur panjang, kehidupan yang sehat, dengan bentuk panjang dan kurus sebagai kiasan. Pada hari Tahun Baru itu sendiri, penduduk memamerkan hatsumode, kunjungan kuil pertama kali dalam tahun tersebut, serta makan nasi kotak yang disebut osechi.

 

nabemono

 

Tahukah Anda jika musim dingin di Jepang selalu diramaikan dengan ikan-ikan bertekstur padat dan memiliki kandungan lemak ? 

 

Ya, bermacam - macam jenis ikan seperti ikan kod, ikan amberjack , ikan sarden, ikan makarel, dan lainnya bakal mudah Anda temui saat musim dingin di Jepang. Ada pula berbagai hasil laut lain yang mudah ditemukan sewaktu musim dingin di Jepang, seperti lobster, kepiting merah, tiram, telur ikan kod, dan nori. Sayur dan buah-buahan seperti lobak, akar teratai, bayam, sawi putih, jeruk, dan apel juga termasuk mudah ditemui di musim dingin. Orang Jepang biasanya akan mengkombinasikan bermacam - macam bahan itu menjadi suatu hidangan musim dingin paling terkenal, yaitu Nabe. Makanan ini adalah sup ikan yang diisi dengan berbagai macam sayuran. Nabe biasanya akan disantap bersama dengan keluarga serta kerabat tercinta, yang bisa jadi menambah kehangatan di musim yang dingin.




SeeCloseComment

Ads