Mengenal Negara Israel Dan Sejarahnya

 

Mengenal Negara Israel Dan Sejarahnya

 
Israel merupakan suatu negara di Asia Barat yang dikelilingi oleh negara Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir, dan Semenanjung Sinai. Bersama populasi sebesar 7,5 juta jiwa, Israel ialah satu-satunya negara Yahudi di dunia ini. Terdapat pula Lebih dari satu golongan atau etnis minoritas lainnya, Mencakup etnis Arab yang berkewarganegaraan Israel. Tanah Israel, yang dikatakan dalam bahasa Ibrani sebagai Eretz Yisrael, Adalah tanah kudus orang Yahudi. Berdasarkan kitab Taurat, Tanah Israel dijanjikan pada tiga Patriark Yahudi sebagai tanah air mereka. Ada Beberapa kerajaan didirikan di sekitar Tanah Israel dan Kerajaan-kerajaan ini memerintah selama seribu tahun. 

Kerajaan Yehuda Asiria, Babilonia, Persia, Yunani, Romawi, Sassania, dan Bizantium 


Eksistensi orang Yahudi di Kawasan itu berkurang drastis Setelah kegagalan Perang melawan Kekaisaran Romawi dan terjadi pengusiran besar-besaran bangsa Yahudi. Kaisar Bizantium Heraklius memerintahkan pembantaian dan pengusiran orang-orang Yahudi, menyebabkan populasi Yahudi menurun. Walau demikian, terdapat sekelompok kecil populasi Yahudi yang masih menetap di tanah Israel. Pendirian negara modern Israel bermula dari konsep Tanah Israel, suatu konsep Sentra Yudaisme Sejak zaman antik, yang juga kawasan Kerajaan Yehuda antik. Pada tanggal 14 Mei 1948, Israel memproklamasikan kemerdekaannya dan ini memicu peperangan dengan negara-negara Arab di sekitar israel. Kemudian Israel memenangkan perang ini dan mengukuhkan kemerdekaannya. Akibat negeri Israel selalu di landa konfik maka para pemuda dan pemudinya juga diharuskan untuk wajib militer ini berlaku jika sesorang menginjak umur 18 tahun sedangkan negara sekutu israel antara lain Amerika Serikat dan anggota NATO. Agama mayoritas di Israel ialah beragama Yahudi bersama dengan presentase 74,2%  dari populasi, Yahudi sebagai agama primer di Israel.
 

Perbedaan Israel dan Yahudi

 

Israel yaitu suatu negara yang mayoritas penduduknya beragama Yahudi sedangkan Yahudi sendiri ialah suatu  agama yang sudah ada sejak lama. Dan Zionis Yaitu golongan yang berjuang untuk mewujudkan negara Yahudi yang merdeka

Perdana Menteri Israel menjabat sebagai kepala pemerintahan dan Knesset bertugas sebagai badan legislatif Israel. Ekonomi negara ini menduduki peringkat ke-44 di dunia. Israel mempunyai peringkat indeks pembangunan manusia, kebebasan pers, dan sumber daya yang tertinggi di banding negara-negara sekitar israel. Majunya industri di negara tersebut bukan tanpa alasan karena banyaknya sumber daya manusia seperti ahli teknologi, insiyur, dan ilmuwan yang berkontribusi terhadap pembangunan negara Israel. Industri-industri yang sudah berkembang dengan pesat antara lain pupuk, pestisida, farmasi, bahan kimia, plastik, dan logam berat.
 

Mengenal Negara Israel Dan Sejarahnya

 
Pada tahun 1980, tak terhitung orang yahudi yang melaukan riset di Silicon Valley dari semula di Eropa kemudian pindah ke Israel. Mereka mendirikan kawasan khusus untuk penelitian dan pengembangan untuk perusahaan teknologi As, layaknya Microsoft, Ibm, dan Intel. Lantas, sekitar tahun 1990, para insinyur yahudi yang berasal dari negara-negara bekas Uni Soviet pindah ke Israel tentu mereka mempunyai pengalaman dan keahlian. Tidak mengherankan jika banyak peusahaan-perusahaan baru bermunculan sektor teknologi yang sebelumnya memiliki presentasi sebesar 37% kini meningkat jadi 58% di tahun 1985, kemundian meningkat lagi menjadi 70% di tahun 2006. 
 

Mengenal Negara Israel Dan Sejarahnya

 
Banyaknya perusahaan besar di bidang teknologi pasti mendongkrak pemasukan yang besar untuk Pemerintah Israel dari sisi pajak, ini belum termasuk royalti berasal dari hak paten yang dihasilkan oleh perusahaan Israel. Mata uang Israel yaitu Shekel, mata uang ini memiliki huruf Braille yang Bisa disentuh oleh tunanetra agar para tunanetra sanggup mengenali uang ini. Walaupun sedang berkonflik negara, Israel merupakan negara maju, golongan Yahudi sangat Familiar dengan industri manufaktur dan teknologi jadi bisa di katakan Israel terhitung negara maju dan Israel tidak mengandalkan minyak layaknya negara Arab lainnya.
 

Mengenal Negara Israel Dan Sejarahnya

Mengenal Negara Israel Dan Sejarahnya

 
Pada umumnya, banyak orang  yang beranggapan bahwa Israel itu adalah negeri konflik tapi taukah anda jika isreal juga mempunyai tempat yang indah untuk anda yang suka traveling. banyak sekali bangunan tua berada di sepanjang pantai Mediterania. walaupun demikian, seiring dengan perubahan zaman yang lebih modern, kota tersebut masih mempertahankan budaya di masa lampau dengan kehadiran berbagai tempat wisata di Israel yang sarat nilai sejarah. Bermacam - macam bangunan tua peninggalan sejarah yang tertulis dalam Alkitab banyak ditemukan di negara ini. walaupun demikian, masih ada beberapa spot menarik dengan pemandangan alam yang sangat indah, tidak mengherankan kalau setiap tahunnya tempat wisata di Israel selalu padat dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.


SeeCloseComment

Ads