Liburan Ke Pantai Parangtritis Jogja

Liburan Ke Pantai Parangtritis Jogja

Jogja adalah kota yang kaya dengan tempat bersejarah, jogja menyimpan candi-candi serta bukti-bukti sejarah lainnya.

 

untuk Anda yang senang sejarah dan suka mempelajari budaya Indonesia khususnya budaya Jawa, Jogja adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi. Tetapi, untuk Anda yang lebih senang wisata yang memanjakan mata, di Jogja terdapat pantai-pantai yang bisa anda sambangi, satu diantaranya adalah Pantai Parangtritis.

 

Pantai parangtritis daerah istimewa yogyakarta terletak 27 km selatan kota jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi sampai pukul 17.00 WIB ataupun kendaraan pribadi. Sore hari menjelang matahari terbenam merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi pantai paling populer di Yogyakarta ini. 

 

Harga tiketnya juga cukup terjangkau, jika anda berkunjung ke pantai ini Anda hanya perlu merogoh kocek untuk membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang, lantas untuk biaya parkir kendaraan roda 2 hanya berkisar Rp.2000 dan untuk kendaraan roda 4 dikenakan tarif sebesar Rp.5000. Tidak banyak orang tahu kalau di sebelah timur tebing ini terdapat sebuah reruntuhan candi. Berbeda dengan candi lainnya yang terletak di wilayah pegunungan. 

 

Candi Gembirawati cuma beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. Untuk menuju candi ini, kita bisa melewati jalan menanjak dekat Hotel Queen of the South lalu masuk ke jalan setapak ke arah barat sekitar 100 meter. Sayup-sayup gemuruh ombak laut selatan yang ganas dapat terdengar dari candi ini, dari sana anda dapat melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, sampai ke batas cakrawala. 

 

Tak hanya tempat wisata yang luas, daerah Parangtritis jadi primadona turis, lantaran terdapat wisata Gumuk Pasir yang memiliki daya tarik tersendiri, selanjutnya masih satu kawasan dengan Pantai Depok yang populer terdapat sentral kuliner ikan. Tingkat kunjungan para pelancong ke daerah Pantai Parangtritis pada beberapa waktu liburan terakhir, seperti pada posisi yang relatif menggambarkan seperti kunjungan saat liburan tahun-tahun sebelumnya, sebelum Indonesia dihantam pandemi COVID-19. Pantai ini memiliki panorama yang unik berupa gunung-gunung pasir yang disebut dengan gumuk. tak hanya menawarkan pantai yang landai, bentangan pasir yang luas, dan pemandangan laut yang terbuka, Pantai Parangtritis dihiasi pemandangan bukit kapur di sebelah utara.

 

liburan Ke Pantai Parangtritis Jogja


Pada waktu sore hari, kita dapat menatap matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh-sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di angkasa dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi panorama yang memukau. menikmati hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara pelan-pelan matahari seperti masuk ke dalam hamparan air laut.

 

Apakah keistimewaan Parangtritis ?

 

Pantai ini mempunyai pemandangan yang unik berupa gunung-gunung pasir yang disebut dengan gumuk. Selain menawarkan pantai yang landai, hamparan pasir yang luas, dan pemandangan laut yang terbuka, Pantai Parangtritis dihiasi pemandangan bukit kapur di sebelah utara.

Selain dikenal dengan ombaknya yang besar, Pantai Parangtritis juga biasanya dihubungkan dengan asal usul mengenai KANJENG RATU Roro Kidul yang identik dengan cerita misteri dan mitos yang beredar di kalangan warga setempat. Fakta dan teka-teki yang muncul dari kisah KANJENG RATU RORO KIDUL rasanya tidak pernah habis ceritanya dan sudah sangat dikenal warga Indonesia, khususnya di tengah masyarakat Jawa. Bicara tentang misteri Pantai Parangtritis, tentunya kita telah mengenal mitos tentang KANJENG RATU RORO KIDUL yang berkuasa di selatan Pulau Jawa. Banyak orang Jawa berkeyakinan bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib KANJENG RATU KIDUL, Hotel Queen of the South merupakan salah satu resort yang diberi nama sesuai legenda ini.
 

Kenapa Pantai Parangtritis berbahaya ?
 

Berdasarkan beberapa hasil penelitian, kejadian tersebut disebabkan oleh fenomena rip current atau ombak mematikan yang seringkali terjadi di Pantai Parangtritis. Ombak ini dinamakan juga sebagai ombak penarik manusia

Para pelancong juga dapat menaiki bendi untuk menyusuri permukaan pasir yang halus disapu ombak, menyewa bendi untuk mengantarkan anda ke ujung timur Pantai menjadi salah satu kegiatan yang tidak kalah menggembirakan. sore yang indah dan cahaya matahari bernuansa keemasan di permukaan air mengentalkan suasana romantis di pantai ini. bukan hanya itu, Pantai Parangtritis pun cocok buat berwisata bersama keluarga.




SeeCloseComment

Ads