6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

 

6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki kekayaan laut yang luar biasa. Area -area ini sering digunakan sebagai tempat untuk penggemar menyelam. Tidak hanya ada ekosistem bawah laut yang sangat indah, ada juga area menyelam yang merupakan saksi sejarah dalam Perang Dunia ke -1. Untuk pemula, jangan khawatir karena ada juga area menyelam yang kondusif untuk Anda.

 

Apa Arti Diving?

 

Diving merupakan kata dalam bahasa Inggris memiliki arti menyelam, diving bisa di ibaratkan  "dalam sepak bola di artikan sebagai tindakan pemain yang sengaja bertindak seperti jatuh dan kesakitan setelah menerima perawatan pemain lawan". Diving adalah salah satu kegiatan air yang memiliki banyak penggemar. diving merupakan kegiatan menyelam di bawah air yang dilakukan dengan berbagai tujuan. Tujuannya dimulai dari olahraga, rekreasi dengan melihat pemandangan bawah laut, melakukan penelitian, dan sebagainya. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan di bawah air Indonesia selain menyiapkan peralatan menyelam, penyelam juga harus memiliki sertifikat resmi untuk diving

 

Apa Tujuan Diving?

 

Diving umumnya digunakan sebagai sarana rekreasi serta olahraga yang sehat. SCUBA adalah singkatan dari peralatan pernapasan bawah air mandiri, yang menggunakan peralatan menyelam, seperti tabung oksigen, regulator, tangki, dan penambah berat untuk menjelajahi dunia bawah air

 

Apakah Diving Harus Bisa Berenang?

 

Ternyata untuk melakukan diving dan menjelajahi keindahan dunia bawah air, Anda tidak perlu bisa berenang

 

Apakah Diving Harus Memiliki Sertifikat?

 

Anda harus memiliki sertifikat. Sertifikat diving ini dapat diperoleh setelah Anda mengambil kursus diving. Untuk bisa diving setidaknya Anda sudah memiliki kemampuan dasar saat menyelam.

 

Berapa Lama Anda  Belajar Diving ?

 

Belajar diving dapat dilakukan dengan mengambil kursus di lembaga pelatihan menyelam yang telah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Lama kursus mungkin bisa mencapai 7 hari lebih.

 

Berikut ini 6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia


1. Karimun jawa, Jawa Tengah

 

6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

 

Karimunjawa adalah sekelompok pulau yang terletak di Jawa, letaknya di Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimun jawa telah di tetapkan menjadi taman nasional sejak 15 Maret 2001. Kepulauan Karimun jawa memiliki setidaknya 30 lokasi penyelaman. Kedalamannya adalah antara 5-40 meter. Pesona bawah air termasuk terumbu karang yang indah, berbagai jenis hewan laut seperti ikan napoleon, penyu elang, penyu hijau, dan lebih dari 200 spesies ikan hias.

 

2. Alor, Nusa Tenggara Timur 

 

6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

 

Kepulauan Alor terletak di bagian timur Nusa Tenggara. Daerah ini memiliki sekitar 20 pulau dan selat. Alor memiliki lebih dari 30 tempat menyelam. Beberapa dari mereka adalah Half Moon Bay, Baruna's Point, Coconut Groove, Peter's Prize, Crocodile Rook, Never - Never Wall, Trip Top, No Man's Land, Chaatedral, dll. hewan yang dapat disaksikan di lokasi penyelaman Alor termasuk Hiu Karang, kura-kura, belut moray, sinar, napoleon, tuna gigi anjing, dan barakuda.

 

3. Derawan, Kalimantan Timur

 

6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

 

Derawan adalah Kepulauan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terdiri dari 31 pulau yang cukup terkenal seperti Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kepulauan Kakaban. Di Kakaban, lebih dari satu terumbu karang terendam dalam air yang membentuk danau air asin dan ubur -ubur yang tidak berbahaya. Tempat ini mempunyai sekitar 28 tempat menyelam lainnya.

 

4. Bunaken, Sulawesi Utara

 

6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

 

Bunaken terletak di Manado Bay, daerah ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Bunaken dan Taman Bunaken Bahari. Bunaken Maritime Park layak disebut Taman Maritim Paling indah di dunia karena keragaman ekosistem laut mulai dari terumbu karang, putri duyung, lumba -lumba, choelacanth ikan kuno dan berbagai ikan hias. Bunaken memiliki 20 titik penyelaman dengan berbagai kedalaman hingga 1.344 meter.

 

5. Halmahera Utara, Maluku Utara

 

6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

 

Halmahera utara adalah distrik di Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Berbatasan dengan Samudra Pasifik memiliki estetika bawah air yang menawan. Beberapa ahli menganggapnya sebagai jantung dari segitiga terumbu karang global. Area penyelaman ini umumnya memiliki arus yang tenang dan cocok untuk penyelam pemula. Beberapa titik menyelam terbaik di Halmahera Utara termasuk Pulau Tagalaya, Pulau Dodola, Tobotobo, Pulau Bobale dan Pulau Powale.

 

6. Tulamben

 

6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

 

Tulamben adalah sebuah desa yang terletak di distrik Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Desa ini adalah tempat menyelam yang terkenal di Bali, karena lokasi tenggelamnya kapal Liberty Port of State, yang tenggelam karena di terpedo oleh kapal selam Jepang pada tahun 1942. Lokasi penyelaman ini adalah yang termudah untuk menikmati pemandangan. Penyelam harus memiliki keahlian, lokasi ini dapat dicapai sekitar 25 meter dari pantai, dengan kedalaman antara 5 meter hingga 30 meter di bawah permukaan laut.



SeeCloseComment

Ads